5 FAKTA UNIK NEGARA SINGAPURA



Berbicara tentang Singapura pasti tidak lepas dari negara maju, negara kecil, negara modern, atau bahkan negara dengan banyak larangan. Namun, mungkin tidak banyak orang tahu bahwa terdapat fakta-fakta menarik seputar Negara dengan ikon Singa ini. Contohnya, negara ini melarang produksi, konsumsi dan penjualan permen karet. Hal ini bermula pada tahun 1987, ketika MRT mulai beroperasi di Singapura.
Terdapat oknum-oknum pengunyah permen karet yang tidak bertanggung jawab menempelkan sisa permen karet yang mereka kunyah ke sensor pintu MRT yang mengakibatkan pintu tidak dapat berfungsi dengan baik. Selain mengganggu pelayanan publik, hal ini tentunya akan menyebabkan kerusakan dengan total biaya yang tidak sedikit.  Akhirnya di tahun 1992, perdana menteri kedua Singapura, yaitu Goh Chok Tong memutuskan larangan mengunyah permen karet. Nah, selain fakta tersebut, masih terdapat beberapa fakta lainnya yang sudah saya rangkum dalam 10 fakta menarik tentang Negara Singapura;
1. Singapura Membeli Pasir Dari Negara Lain


Fakta menarik tentang Negara Singapura yang pertama adalah mengenai reklamasi di Negeri Singa. Jika melihat peta dunia, pasti akan susah untuk menemukan Negara Singapura, dikarenakan ukurannya yang kecil dan terletak sangat berdekatan dengan Negara kita. Hal ini lumrah saja karena Singapura hanya memiliki luas wilayah kurang lebih 719,1 km².
Nah, karena keterbatasan lahan inilah yang menyebabkan Singapura gencar memperluas lahannya yaitu dengan membeli pasir dari Negara lain, termasuk Indonesia. Usaha memperluas daratan atau reklamasi ini rencananya akan terus berjalan dan berakhir pada tahun 2030. Sehingga bisa dipastikan luas wilayah Negara kecil ini akan terus bertambah.
2. Usia Diatas 30 Tahun Wajib Menikah

Hal ini mungkin terdengar sedikit unik ya buat kita apalagi di Indonesia masih banyak yang berusia 30 tahun ke atas atau bahkan 40 tahun ke atas yang belum menikah. Mungkin di Indonesia banyak pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk berumah tangga, contohnya karir, kesiapan mental, kemapanan finansial. Bahkan ada juga yang belum menikah karena belum menemukan seseorang yang pas sebagai pendamping hidup.
Namun di Singapura usia di atas 30 tahun sudah harus menikah. Bahkan, pemerintah Singapura ikut berperan dalam hal ini. Langkah konkrit yang telah dilakukan adalah berkerjasama dengan agen biro jodoh Social Development Unit (SDU) untuk membantu warga Singapura menemukan pasangan hidup.
3. Tinggi Bangunan Tidak Boleh Tinggi Dari 280 Meter

Singapura juga dikenal dengan sebutan Negara 1001 larangan dikarenakan banyaknya peraturan yang ada di Negeri Singa ini. Salah satu contohnya adalah peraturan dalam mendirikan bangunan, yaitu tidak boleh melebihi 280 meter. Saat ini hanya terdapata tiga gedung yang mempunyai ketinggian 280 meter, yaitu Republic Plaza, United Overseas Bank Plaza One, dan Overseas Union Bank Centre.
4. Air Terjun Indoor Tertinggi Didunia

Soal kemajuan teknologi dan infrastruktur tidak perlu diragukan lagi Singapura adalah salah satu yang terbaik di dunia. Maka tak heran jika Singapura memiliki air terjun indoor buatan manusia tertinggi di dunia. Air Terjun ini berdiri diatas lahan hasil reklamasi, yaitu Garden by the Bay
Singapura yang merupakan lokasi pembibitan dan pusat penelitian berbagai macam tanaman dari seluruh dunia. Di dalam Garden by the Bay pengunjung bisa menikmati pemandangan berbagai macam tanaman dan bunga endemik dari berbagai belahan dunia. Dan Anda juga bisa menyaksikan Air Terjun dalam ruangan tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 35 meter.
5. Kebun Binatang Malam Hari Pertama Didunia

Salah satu tujuan wisata yang paling menarik perhatian pengunjung adalah The Night Safari, yaitu kebun  binatang malam hari pertama di dunia. The Night Safari mempunyai koleksi hewan liar terlengkap dan terkenal di dunia. Menariknya disini pengunjung akan diajak berjalan-jalan keliling kebun binatang menaiki tram yang disertai dengan penjelasan setiap satwanya. The Night Safari buka mulai pukul 19:15 sampai 21:00

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 FAKTA UNIK NEGARA SINGAPURA"

Post a Comment

Komen yang sopan ya...