5 NEGARA DENGAN BAHASA TERBANYAK DI DUNIA

5 NEGARA DENGAN BAHASA TERBANYAK DI DUNIA


Jumlah bahasa yang digunakan di beberapa Negara dapat mencapai ratusan, di luar bahasa resminya.

Berikut 5 Negara dengan bahasa terbanyak, menurut Ethnologue, organisasi yang mempublikasikan riset tentang bahasa-bahasa di dunia.


1. Papua Nugini


Papua Nugini menempati urutan pertama Negara dengan jumlah bahasa terbanyak di dunia. Terdapat 839 bahasa di negara tersebut, dua kali lebih banyak dari jumlah bahasa yang digunakan di seluruh Eropa.

2. Indonesia


Di Indonesia, terdapat 707 bahasa. Namun menurut hasil riset Ethnologue, sekitar 98 bahasa di antaranya, yang hanya digunakan di wilayah tertentu dikategorikan terancam punah.

3. Nigeria


Negeria memiliki 520 bahasa, dengan bahasa resmi adalah bahasa Inggris. Selain itu, bahasa Yoruba, Hausa, Igbo juga digunakan di parlemen. Setiap bahasa tersebut memiliki penutur sekitar 20 juta orang, dengan populasi lebih dari 186 juta.

4.India


Terdapat 454 bahasa yang digunakan di India, dengan populasi lebih dari 1,3 milyar. Bahasa resmi India adalah bahasa Hindi. 


5. Amerika Serikat


Tercatat 422 bahasa di Amerika Serikat. 211 bahasa yang digunakan di negara itu adalah bahasa yang dibawa imigran. Bahasa resmi AS adalah Bahasa Inggris.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 NEGARA DENGAN BAHASA TERBANYAK DI DUNIA"

Post a Comment

Komen yang sopan ya...