URUTAN VERSI OS ANDROID DARI MASA KE MASA (DARI A 1.0 SAMPAI P 9.0)


Di jaman yang modern ini, perkembangan teknologi terus mencipatakan inovasi baru, siapa sih yang tidak kenal dengan Android ? Para developer Dan programmer kini saling berlomba untuk membuat sebuah penemuan kreatif baru operating system yang nantinya akan dipasang di android. Tapi kita sebagai user/pengguna perlu tau mengenai sejarah perkembangannya, jangan sampai kita sebagai pengguna android justru malah tidak mengetahui sejarah perkembangannya sama sekali.




Hal ini sangat penting, mengapa sangat penting ? karena dengan mengetahui sejarah perkembangnya, wawasan kita akan bertambah luas, dan kita sebagai pengguna akan lebih menghargai setiap karya yang dibuat oleh para proggammer diluar sana, dan kita dapat mengaplikasikan android secara bijak, jadi bukan cuma memberikan kritik yang pedas sekiranya ditemukannya suatu bug (celah), tapi kita juga  dapat belajar, bagaimana metode mengoreksi suatu bug, karena kalian patut tau, para progammer membuat metode operasi tidaklah mudah, butuh fokus tingkat tinggi, supaya suatu karya nya dinilai positif oleh para pengguna.

Jikalau sobat adalah salah satu dari jutaan orang yang mengoprasikan android, sobat patut baca tulisan ini, karena tulisan ini akan membahas tuntas mengenai perkembangan metode operasi (OS) pada android dari masa ke masa, dari Versi Android 1.0 Hingga Versi Android 9.0 atau android P

Berikut tingkatan versi Android dari masa ke masa :

Android 1.0 (Alpha)



Cara operasi ini dimaksimalkan oleh google pada tahun 2008, yaitu awal dari peradaban android di kalangan masyarakat, mempunyai tampilan yang sangat simpel. Perlu anda kenal android 1.0 yaitu awal mula fitur pull down notification yang memungkinkan kita mengamati sebuah notifikasi yang masuk di status baru, malah google play store telah muncul, sebagai aplikasi turunan, tapi masih dalam bertajuk market.


Android 1.5 (Cupcake)





Cara operasi ini dirilis oleh google pada tahun 2009, dalam metode operasi ini google mengenalkan suatu fitur terkini yang dinamakan SDK Widget, yang dapat memungkinkan anda untuk memasang widget pihak ketiga, layaknya aplikasi turunan lainnya. Pada versi android ini google telah memperkenalkan suatu kemampuan baru, yaitu kita dapat merekam sebuah video, dengan kamera telpon pintar, serta google juga telah mengembangkan suatu kemampuan keyboard layar sentuh.

Android 1.6 (Donut)




Di tahun yang sama, google kembali merilis sebuah metode operasi terkini android yang diberi nama "Donut", google juga mengumumkan bahwa android dapat digunakan untuk game mobile ukuran layar berapa saja, jadi google telah hadirkan suatu metode operasi yang fleksibel, selain itu di dalam metode operasi ini (OS), google juga telah menambahkan kolom pencarian, yang dapat digunakan untuk mencari apa saja, seperti isu dari dunia maya, nama kontak, ataupun nama file. Tentu hal ini dapat mempermudah kita untuk mencari sesuatu.

Android 2.0 (Eclair)




Masih ditahun yang sama, google lagi lagi meluncurkan sebuah metode operasi (OS), di dalam metode operasi ini, google telah mengembangkan sebuah fitur navigasi, jadi kita dapat menjelajahi domisili domisili yang mau kita cari melewati sebuah aplikasi yang dinamakan google maps, tent dengan adanya google maps, ini yaitu tanda awal munculnya GPS dikalangan android, selain itu juga versi android ini telah mendunkung HTML5 pada peramban (Browser) yang dapat memungkinkan anda untuk memutar suatu video, tidak lupa juga googel untuk memberikan fitur tambahan seperti Lock Screen, yang kita dapat buka dengan metode Swipe.

Android 2.2 (Froyo)





Frozen yogurt atau yang lebih diketahui sebagai froyo yaitu nama dari android 2.2. Dimana Cara operasi (OS) ini telah menambahkan fitur keamanan, lock screen yang sebelumnya cuma dibuka dengan swipe, kini google hadirkan sebuah lock screen pattern, selain itu google juga menyediakan fitur Penguncian pin (Pin Lock). Dari segi tampilan Home screen android froyo mempunyai batas panel 5, lebih banyak daripada metode operasi yang terdahulu yang cuma sebanyak 3. Android Froyo diluncurkan pada tahun 2010, dibarengi dengan rilisnya telpon pintar trampil keluaran Google yaitu "Google Nexus One".

Android 2.3 (Gingerbread)




Google meluncurkan android Gingerbread pada tahun 2010, mempunyai fitur yang dapat memungkinkan anda untuk foto selfie dengan kamera depan, mempunyai desain antarmuka dengan perubahan yang sangat signifikan, Keyboard android pada versi ini juga dapat di tekan lebih dari 1 alias Multi Touch.

Android 3.0 (Honeycomb)




Di rilis tahun 2011, mempunyai fitur navigasi bar virtual, jadi anda dapat pergi ke halaman home, back dan menu  dengan menekan tombol yang disediakan di layar, biasanya metode operasi (OS) ini banyak digunakan di perangkat tablet daripada telpon pintar.

Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)



Jikalau sebelumnya google merilis metode operasi yang mempunyai navigasi bar virtual tapi diperuntukan untuk pengguna tablet, nah kali ini google merilis (2011) metode operasi yang mempunyai fitur seperti itu, tapi ini juga dapat digunakan oleh para pengguna telpon pintar. Memiliki fitur terkini yaitu, dapat membuka layar dengan cuma mengaplikasikan muka atau yang diketahui dengan istilah "Face Unlock",  penerapan data dunia maya, serta menambahkan sebagian aplikasi tambahan sekaligus memperbarui kalender, mail, kalkulator dan masih banyak lagi.

Android 4.1 (Jelly Bean)





Google telah menghadirkan metode operasi (OS) Jelly Bean (2012) dengan perubahan yang sangat signifikan. Salah satu fitur terbarunya yaitu, jelly bean dapat memungkinkan pengguna utuk menjalankan gulir (Scroll) cepat home screen ke bawah, untuk mengamati kumpulan isu/notifikasi dengan cepat, seperti agenda, surat elektronik, laporan cuaca. Selain itu metode operasi ini diluncurkan berbarengan dengan fitur baru dari google yaitu "Pembantu Digital" atau yang lebih diketahui dengan nama Google Now.

Android 4.4 (Kitkat)






Hadir ditengah pengguna pada tahun 2013, metode operasi ini mempunyai antar muka atau interface yang berlogat putih dan biru muda. Selain itu google juga mengeluarkan sebuah fitur baru pencarian cepat dengan mengaplikasikan metode voice/suara, jadi kita cuma cukup menyatakan "Ok Google", lalu beri perintah, maka otomatis google akan mencari apa yang anda cari, disamping itu, google juga mengeluarkan layanan chat/pesan singkat yang dinamakan Hangouts, tapi memang sangat disayangkan, karena apikasi ini kurang dilirik oleh para pengguna android.

Android 5.0 (Lolipop)




Perubahan kembali ketika google menghadirkan sebuah metode operasi baru yang dinamakan lolipop yang dirilis pada tahun 2014, mempunyai tampilan interface yang didesain khusus mencontoh perkembangan jaman, selain itu fitur fitur yang lainnya juga banyak yang ditingkatkan. Fitur yang terasa mencolok dari system operasi ini yaitu adanya dukungan gambar yang berformat RAW, dimana wujud hal yang demikian memungkinkan para Designer menyimpan file dalam ukuran yang besar supaya dapat diedit, tapi tanpa mengurangi kualitas.

Android 6.0 (Marsmallow)




Google telah menjadikan sebuah metode operasi yang mempunyai tampilan menu aplikasi yang dibuat lebih dinamis daripada metode operasi (OS) sebelumnya (2015). Selain itu, ada juga fitur memory manager yang memungkinkan pengguna mengecek penerapan daya ingat pada setiap aplikasi. Rentan waktu pengecekannya dapat disetel dari tiga jam yang lalu hingga 24 jam sebelumnya.

Pembaruan selanjutnya berlokasi pada tampilan penguasaan panel volume, jadi anda tidak akan repot untuk mengontrol sebuah volume yang berbeda beda pada panggilan(Nada dering), Media dan juga Alarm. Selain itu google juga telah memungkinkan vendor untuk menyematkan sesnor sidik jari yang dapat digunakan oleh penggguna demi upaya keamanan.

Android 7.0 (Nougat)




Ditahun selanjutnya (2016) google kembali merilis sebuah metode operasi mutahir, disampaikan pada ketika ajang kumpul developer Google I/O. Pada metode operasi ini keberadaan Google Now kini digantikan dengan Google Assistant, yang diyakini dapat dapat lebih dipercaya untuk menjalankan berjenis-jenis fungsi, selain itu juga ada fitur Split Screen yang dapat anda pakai pada ketika menjalankan multitasking, perlu anda kenal Android Nougat juga telah memliki dukungan terhadap platform Virtual Reality (VR)  disampaikan oleh google.

Android 8.0 (Oreo)





Ditahun 2017 ini, google kembali menghadirkan sebuah metode operasi terkini, dan baru sebagian perangkat saja yang dapat mengaplikasikan metode operasi ini, mempunyai fitur fitur canggih, yaitu Auto FII API, yang memungkinkan anda tidak perlu lagi mengaplikasikan aplikasi  manager kata sandi, serta Picture In Picture Mode Pengguna android 8.0 akan dimanjakan oleh sebuah fitur multitasking, yang dapat mempermudah kita untuk menjalankan 2 hal sekaligus dalam waktu yang berbarengan. Penggunanya diuntungkan dalam hal penghematan kekuatan, karena metode operasi ini akan mematikan proses latar belakang dari sebuah aplikasi yang tidak dibutuhkan/digunakan.

Android 9.0 Android Pie




Android 9.0 Pie untuk saat ini   baru didukung untuk beberapa smartphone besutan google saja diantaranya Google Pixel, Pixel 2 dan Pixel 2 Xl. Sedangkan untuk merk hp yang lain seperti Samsung, Oppo, Xiaomi dan Vivo hanya bisa merasakan yang versi beta nya saja, untuk kedepannya pasti bakal kebagian update secara serentak.

Tentunya dengan dirilisnya Android 9.0 Pie ini sudah dipastikan membawa fitur yang lebih baru dan menutupi dari versi sebelumnya. Dengan banyaknya fitur baru di Android 9.0 Pie lebih mengutamakan bersahabat dengan penggunanya, kemanapun anda berpergian tidak usah khawatir kehabisan batre lagi. Adapun masih banyak fitur baru yang lainnya yang sangat memberi pengalaman baru untuk pengguna.

Apa saja fitur terbaru Android 9.0 Pie?

1. Baterai  Adaptif

Baterai Lebih banyak dengan satu kali pengisian daya. Adaptive Battery mempelajari bagaimana Anda ingin menggunakan ponsel Anda, sehingga aplikasi dan layanan yang tidak Anda gunakan sama sekali tidak menguras baterai.
Kecerahan Adaptif
Jangan khawatir tentang mengubah kecerahan Anda - ponsel Anda belajar bagaimana Anda ingin mengaturnya dan secara otomatis menyesuaikan. Mudah sekali.

2. Tindakan Aplikasi

Tindakan Aplikasi memprediksi apa yang akan Anda lakukan, sehingga Anda mendapatkan tugas berikutnya dengan lebih cepat. Jika Anda melakukan sesuatu seperti menghubungkan headphone Anda, daftar putar yang Anda dengarkan sebelumnya ada di depan dan di tengah.

3. Navigasi Intuitif

Bepergian menjadi lebih mudah. Beralih antar-aplikasi dan dapatkan apa yang Anda butuhkan secara lebih alami dengan menggunakan gerakan alih-alih tombol.

4. Timer Aplikasi

Aplikasi Pengatur Waktu memberi tahu Anda ketika Anda semakin mendekati batas yang ditetapkan, dan ikon aplikasi menjadi abu-abu ketika Anda mencapai batas tersebut untuk membantu mengingatkan Anda tentang sasaran Anda.

5. Kecerahan Adaptif

Dengan Kecerahan Adaptif, ponsel Anda belajar bagaimana Anda mengatur kecerahan layar Anda di lingkungan pencahayaan yang berbeda dan secara otomatis melakukannya untuk Anda dari waktu ke waktu.

6. Pembatasan latar belakang

Sekarang, Anda akan melihat rekomendasi di Setelan untuk membatasi aplikasi tertentu yang menggunakan terlalu banyak baterai, sehingga Anda dapat memiliki lebih banyak kendali atas baterai Anda.

7. Penyempurnaan privas

 Android 9 menjaga privasi dalam sejumlah cara baru. Sekarang, Android akan membatasi akses ke mikrofon ponsel Anda, kamera, atau sensor lain saat aplikasi menganggur atau berjalan di latar belakang. (Jika aplikasi memang perlu mengakses sensor, itu akan menunjukkan pemberitahuan terus-menerus di ponsel Anda.) Android 9 juga membawa perbaikan penting yang melindungi semua komunikasi web dan menawarkan berselancar web pribadi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "URUTAN VERSI OS ANDROID DARI MASA KE MASA (DARI A 1.0 SAMPAI P 9.0)"

Post a Comment

Komen yang sopan ya...