PEREKONOMIAN MEMBAIK , AFRIKA AKAN MENJADI NEGARA DENGAN PERTUMBUHAN TERCEPAT DI DUNIA



Pada tahun 2010 yang lalu, McKinsey Global Institute (MGI) telah menggambarkan potensi dan kemajuan ekonomi Afrika sebagai “singa yang sedang bergerak“.
Dan saat ini, meskipun harga komoditas global (dunia) telah jatuh dan adanya guncangan politik yang memperlambat pertumbuhan di Afrika Utara, namun singa ekonomi Afrika masih tetap bergerak maju.
Secara keseluruhan, benua ini mencapai pertumbuhan PDB tahunan yang rata-rata adalah sekitar 5,4% antara tahun 2000 dan 2010, serta telah menambahkan sebesar 78 miliar dolar AS per-tahunnya ke PDB(sesuai harga yang berlaku pada tahun 2015).
Tapi sayangnya pertumbuhan tersebut harus melambat menjadi 3,3%, atau menjadi sekitar $ 69 miliar, yang terjadi satu tahun di antara tahun 2010 dan 2015.
Apakah kilauan pendapatan dari pertimbuhan ekonomi itu hanya akan menjadi sejarah saja untuk Afrika? Apakah nantinya pertumbuhan ekonominya akan semakin menurun seperti yang kemarin-kemarin? 
Jawaban pertanyaan di atas telah dijawab dengan penelitian baru yang dilakukan oleh MGI, yang akan dipublikasikan secara lengkap pada bulan Oktober 2016 lalu. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa jawabannya adalah “tidak“. Sangat jelas bahwa kini kabar mengenai pertumbuhan benua ini telah menjadi lebih bernuansa.

Kondisi Ekonomi Afrika Yang Menantang

Perlambatan pertumbuhan Afrika sejak tahun 2010 terkonsentrasi pada dua kelompok ekonomi, yaitu eksportir minyak dan negara-negara yang berada di bagian utara masih sedang dalam pembangunan kembali setelah terjadinya kejatuhan politik akibat perang atau musim semi Arab.
Diketahui bahwasannya pada masa itu perekonomian Mesir, Libya dan Tunisia tidak tumbuh sama sekali antara tahun 2010 dan 2015 dan sangat berbeda dengan pertumbuhan tahunan rata-rata di antara tiga ekonomi yang berkisar 4,8% pada dekade sebelumnya.
Tingkat pertumbuhan ekonomi di antara para eksportir minyak seperti Aljazair, Angola, Nigeria dan Sudan juga turun tajam menjadi 4% dari yang sebelumnya yaitu 7,1%. Pertumbuhan produktivitas juga menurun di dua sektor ekonomi ini.
Tingkat pertumbuhan produktivitas tahunan di negara-negara Arab Spring juga turun dari 1,7% menjadi 0,6% dan di negara-negara pengekspor minyak Afrika turun dari 2,6% menjadi 0,4%.
Terlepas dari kemerosotan dalam kinerja ekonomi ini, negara-negara Afrika lainnya masih dapatmempertahankan tingkat PDB dan pertumbuhan produktivitas yang stabil selama lima tahun terakhir ini.
GDP riil tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 4,4% per tahun, persentase ini hampir sama seperti yang didapat pada tahun 2005 sampai 2010. Produktivitas tumbuh pada tingkat tahunan gabungan sebesar 1,7% selama periode yang sama, nilai tersebut masih konsisten dengan jumlah persentase 1,6% pada tahun 2000 sampai 2010.

Ketahanan dari sebagian besar negara-negara yang berada di Afrika dalam menghadapi kondisi yang menantang ini telah mencerminkan diversifikasi berkelanjutan di banyak negara yang ada di benua tersebut.
Antara tahun 2010 dan 2014, bagian jasanya telah berhasil menghasilkan sebanyak 48% pertumbuhan PDB Afrika. Nilainya meningkat dari 44% pada dekade sebelumnya.
Pertumbuhan di sektor manufaktur Afrika juga turun menjadi 4,3% per tahun antara 2010 dan 2014, namun utilitas dan konstruksi mencapai ekspansi secara signifikan untuk memastikan bahwa seluruh industri menghasilkan sebanyak 23% untuk pertumbuhan Afrika. Tentu saja jumlah ini meningkat dari 17% pada dekade sebelumnya.
Sumber daya memberikan kontribusi negatif sebesar 4% terhadap pertumbuhan antara 2010 dan 2014. Jika dibandingkan dengan dekade yang sebelumnya, sumber daya tersebut telah memberikan kontribusi positif langsung sebesar 12%.

Tiga Tren Untuk Masa Depan Afrika

Dalam jangka panjang, terdapat tiga tren positif yang kuat, yang cenderung menopang pertumbuhan dari Afrika. Apa sajakah tren yang dimaksud tersebut? Nah, sebelumnya anda harus paham dengan pengertian trendalam konteks ini. Kalau tidak, anda akan bingung saat membaca dan memahami artikel ini.
Tren yang dimaksud di dalam artikel ini merupakan rangkaian rekam jejak harga dalam bentuk grafik, dengan kecondongan untuk mengarah ke atas (uptrend) atau ke bawah (downtrend).
Konsep dasar tentang tren (trend) ini adalah hal yang sangat mendasar dalam berbagai pendekatan analisa pasar, yang berbasis kepada analisa teknikal. Semua tool yang digunakan chartist seperti level support dan resistance, price patterns, moving average, trendline dan lain sebagainya.
Semuanya bertujuan sama, yaitu untuk membantu dalam mengukur tren yang sedang terjadi di pasar, supaya Anda dapat berpartisipasi dalam tren tersebut.
Pertama, benua ini memiliki populasi muda yang bekerja menjadi buruh. Ini merupakan salah satu aset yang sangat berharga di dunia yang sudah semakin menua ini. Pada tahun 2034Afrika diperkirakan memiliki populasi usia kerja terbesar di dunia, yaitu sebanyak 1,1 miliar.
Belakangan ini, ada beberapa keberhasilan yang telah berhasil didapat oleh benua ini. Salah satunya adalah dalam menciptakan lapangan kerja, dimana terdapat sebanyak 21 juta pekerja baru yang stabil selama lima tahun terakhir ini dan bahkan telah mencapai 53 juta dibandingkan 15 tahun sebelum-sebelumnya.
Kestabilan pekerjaan atau lapangan kerja tumbuh pada tingkat 3,8% antara tahun 2000 dan 2015, jika dilihat dari jumlahnya persentase tersebut mengalami peningkatan 1% lebih cepat dari pertumbuhan angkatan kerja.
Dengan persentase seperti ini, rasanya masih jauh dari lintasan penciptaan lapangan kerja yang dibutuhkan Afrika untuk mendorong pertumbuhan di masa depan, namun meskipun begitu, hal ini memang sudah pantas disebut sebagai sebuah kemajuan.
Kedua, Afrika masih mengalami urbanisasi dan sebagian besar keuntungan ekonomi terbentang di depan. Produktivitas di kota tiga kali lebih tinggi daripada di daerah pedesaan. Menurut PBB, Pada dekade berikutnya, sebanyak 187 juta orang Afrika akan tinggal di kota.
Ekspansi urban ini cukup berkontribusi terhadap pertumbuhan konsumsi oleh rumah tangga dan bisnis. Konsumsi rumah tangga tumbuh pada tingkat tahunan gabungan sebesar 4,2% antara tahun 2010 dan 2015. Pertumbuhan ini lebih cepat dari tingkat pertumbuhan PDB benua itu sendiri, yang mencapai $ 1,3 triliunpada tahun 2015.
Kami memproyeksikan kalau konsumen Afrika akan menghabiskan sekitar $ 2 triliun pada tahun 2025. Akan tetapi, perusahaan perlu mengumpulkan intelijen pasar atau sejumlah informasi yang terperinci di mana sebenarnya pasar konsumen yang paling menjanjikan.
Berdasarkan data yang didapat, hanya ada 75 kota saja yang menyumbang 44% dari total konsumsi pada tahun 2015. Konsumen Nigeria sendiri dapat mencakup hingga 30% pertumbuhan konsumsi Afrika selama dekade berikutnya.
Segmen lain yang ditargetkan mencakup rumah tangga yang berpenghasilan lebih dari $ 20.000 per tahun di Afrika Selatan dan Maroko, yang merupakan dua dari ekonomi paling beragam yang ada di Afrika dengan basis konsumen yang besar, atau yang menghasilkan $ 5.000 sampai $ 20.000 di beberapa negara Afrika Timur dan yang pertumbuhannya lebih cepat.
Ketiga, ekonomi Afrika juga memiliki posisi yang baik untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan teknologi yang cepat, yang dapat membuka pertumbuhan dan melompati keterbatasan dan biaya infrastruktur fisik di bidang ekonomi yang penting dalam bidang kehidupan ekonomi.
Afrika Timur sudah menjadi pemimpin global dalam pembayaran mobile. Penetrasi ponsel pintar ini diperkirakan akan mencapai setidaknya sekitar 50% pada tahun 2020 dari tahun 2010 yang hanya berhasil mencapai 2%.
Di Afrika Sub-Sahara, seluler memungkinkan koneksi antara mesin-ke-mesin yang diaktifkan diperkirakan akan tumbuh sekitar 25% per tahun sampai bisa mendapatkan 30 juta pada tahun 2020, menurut GSMA Intelligence, yang mengubah permainan di beberapa sektor dari perawatan kesehatan menjadi sebuah kekuatan.
Memperkuat prospek pertumbuhan positif adalah kelanjutan dari peningkatan investasi infrastruktur. Pengeluaran untuk infrastruktur meningkat dua kali lipat dalam dekade terakhir ini dan sekarang telah mencapai 3,5% dari PDB.

Hambatan Pertumbuhan Ekonomi Afrika

Investor asing telah mencatat fundamental positif tersebut. Investasi langsung dari bangsa asing diketahui telah mencapai $ 73 miliar pada tahun 2014 yang lalu. Jumlah tersebut naik dari $ 14 miliar pada tahun 2004.
Afrika saat ini menampung sebanyak 700 buah perusahaan besar dan semakin meningkatkan pan-Afrika, sehingga bisa menghasilkan pendapatan lebih dari $ 500 juta.
Untuk anda yang masih belum tahu apa yang dimaksud dengan Pan-Africa yang dimaksud di atas tadi, anda bisa melihat penjelasannya di bawah ini:
Pan-Afrikanisme adalah suatu gerakan yang bertujuan untuk menyatukan Afrika. Selain merupakan suatu gerakan, Pan Afrikanisme juga merupakan suatu pandangan sosiopolitik dunia dan filosofi moral, yang ditujukan untuk penduduk Afrika asli dan yang berasal dari diaspora Afrika untuk menjadi bagian dalam “Komunitas Afrika Global“.
Pada awalnya, Kongres Pan-Afrikanisme pertama diadakan di London pada tahun 1900 dan telah menghasilkan keputusan bahwa Pan Afrikanisme bertujuan untuk menyatukan bangsa kulit hitam sedunia di bawah pengaruh kuat bangsa Negro AS dan Hindia Barat.
Namun pada kongres Pan-Afrikanisme yang diadakan di Manchester pada tahun 1945, tema utama gerakan tersebut berubah menjadi kemerdekaan dan persatuan Afrika. Nah, itulah tadi penjelasan mengenai apa itu pan-afrika. Kalau anda sudah paham, penjelasan akan kembali dilanjutkan pada pertumbuhan ekonomi di benua Africa.
Di atas tadi sudah disebutkan bahwa ada sekitar 700 perusahaan besar yang ada di benua tersebut. Perusahaan-perusahaan ini bersama-sama menghasilkan pendapatan sebesar $ 1,4 triliun dan banyak diantara mereka yang terus tumbuh dengan sangat cepat.
Perusahaan besar yang bergerak di bidang utilitas, transportasi dan kesehatan kabarnya telah mencapai pertumbuhan pendapatan dua digit dalam mata uang lokal antara tahun 2008 dan 2014.
Terlepas dari potensi ekonomi Afrika yang terus berlanjut, para pembuat kebijakan pastinya tidak akan hanya berdiam diri saja. Mereka juga perlu memikirkan tantangan dan segala kemungkinan yang bisa terjadi di masa depan.
Karena harga minyak dan komoditas lainnya sudah jatuh, keuangan Afrika juga sedang memburuk: benua tersebut mengalami defisit anggaran rata-rata tertimbang lebih dari 6,9% dari PDB pada tahun 2015 dari hanya3,3% dari PDB lima tahun sebelumnya.
Pada tahun 2010, Afrika secara keseluruhan menjalankan surplus akun berjalan kecil sebesar 0,4% dari PDB; pada tahun 2015 telah berubah menjadi defisit sebesar 6,7%. Ada juga informasi yang mengatakan bahwa beberapa negara Afrika sedang dalam pembicaraan untuk bantuan keuangan, termasuk Angola dengan IMFdan Nigeria dengan pemerintah China.
Ketidakstabilan politik juga semakin meluas. Jumlah insiden kekerasan yang diukur oleh Program Data Konflik Uppsala telah melonjak dari 858 di tahun 2010 menjadi 2022 pada tahun 2014.
Ketidakstabilan di beberapa wilayah yang berada di kawasan ini telah membuat banyak korban tewas. Lima tahun yang lalu, sebagian besar wilayah di Afrika sempat booming atau menjadi bahan pembicaraan banyak orang di dunia.
Sebanyak 25 dari 30 ekonomi teratas telah mempercepat pertumbuhan mereka dari dekade sebelumnya. Padatahun 2016 yang lalu, jumlah negara yang pertumbuhannya serupa atau lebih cepat diketahui telah berkurang setengahnya atau menjadi 13, yang terdiri dari Botswana, Kamerun, Cote d’lvoire, Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, Gabon, Ghana, Kenya, Madagaskar, Namibia, Senegal, Tanzania dan Zimbabwe.
Dan enam ekonomi terbesar yang ada di Afrika telah mengalami perlambatan pertumbuhan, sebagian terlihat dari penurunan harga sumber daya yang menjadi lebih rendah dan juga diakibatkan oleh faktor musim semi Arab.

Tingkat Pertumbuhan dan Nilai Stabil

Mix Picture ini berarti bahwa perusahaan dan investor yang menilai potensi Afrika perlu lebih spesifik mengenai pertumbuhan dan stabilitas masing-masing negara.
Sebenarnya ada tiga aspek stabilitas yang sudah diketahui atau diteliti, yaitu: stabilitas makroekonomi, diversifikasi ekonomi dan stabilitas politik dan sosial. Tiga kelompok negara yang berbeda muncul dari analisis ini.
Sekitar seperlima dari jumlah PDB di benua Afrika berasal dari serangkaian negara yang biasa disebut sebagai bintang pertumbuhan, dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi dan nilai stabilitas yang tinggi.
Negara-negara ini, di antaranya adalah Cote d’lvoire, Ethiopia, Kenya, Maroko dan Rwanda, tidak bergantung pada sumber daya untuk pertumbuhan. Mereka secara aktif mereformasi ekonomi mereka sendiri dan selalu berusaha untuk meningkatkan daya saing.
Set kedua negara, petani yang tidak stabil, yang menyumbang 43% dari PDB Afrika, telah mengalami tingkat pertumbuhan yang tinggi selama lima tahun terakhir ini, namun memiliki nilai stabilitas yang lebih rendah.
Kelompok ini mencakup negara-negara seperti Angola, Republik Demokratik Kongo, Nigeria dan Zambia, yang semuanya memiliki potensi yang jelas namun perlu untuk melakukan diversifikasi ekonomi pada sumber daya mereka, memperbaiki keamanan mereka, atau menstabilkan ekonomi makro mereka.
Dan pada akhirnya, ada juga petani lambat yang hanya bisa menyumbang 38% dari PDB pada tahun 2015. Kelompok ini mencakup beberapa negara seperti: Afrika Selatan, Madagaskar dan tiga negara besar lainnya yang ada di Afrika Utara yang terlibat dalam Musim Semi Arab, yaitu Mesir, Libya dan Tunisia.

Tindakan Lanjutan Untuk Menuju Kemakmuran

Hal yang paling penting saat ini yang perlu dilakukan bagi para pembuat kebijakan dan para pebisnis adalah untuk bekerja sama dalam mempercepat reformasi ekonomi dan memperkuat fundamental yang mendukung pertumbuhan perekonomian tersebut.
Salah satu hal yang harus dijadikan prioritasnya adalah diversifikasi ekspor dan sumber pendapatan nasional untuk menghilangkan volatilitas, yang muncul saat harga sumber daya berubah drastis.
Hal ini penting dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan Afrika dalam membiayai pembangunannya sendiri, dengan lebih memobilisasi sumber daya domestik melalui pajak dan pabean yang lebih baik dan menemukan cara untuk mendorong penghematan lebih banyak.
Kebijakan ini akan mewajibkan negara-negara untuk meningkatkan ketentuan pensiunan, memperluas akses terhadap layanan perbankan dan keuangan serta memperdalam pasar modal mereka.
Perencanaan yang lebih baik seputar urbanisasi ini juga sangat lah penting untuk membuka peluang pertumbuhan secara keseluruhan dan membuat kota-kota yang berada di Afrika bisa ikut bersaing.
Fokus yang lebih kuat dan tak kalah pentingnya adalah untuk memperluas pasokan listrik. Listrik diperlukan untuk memecahkan tantangan nomor satu bagi lingkungan bisnis.
Tiga bidang lain yang penting bagi pertumbuhan perekonomian yang juga patut mendapat fokus perhatian adalah memperbaiki sistem pendidikan untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan sekarang dan ke masa depan, upaya lebih lanjut untuk integrasi regional untuk membuka manufaktur dan perdagangan regional dan memperbaiki infrastruktur fisik dan digital Afrika.
Turbulensi, baik ekonomi maupun politik di beberapa bagian benua dalam beberapa tahun terakhir pasti akan merasa terkejut, namun tetap saja tidak akan menggagalkan kisah pertumbuhan Afrika yang mengesankan.
IMF masih memperkirakan bahwa Afrika akan menjadi kawasan dengan pertumbuhan tercepat kedua di dunia antara tahun 2016 dan 2020 dengan pertumbuhan tahunan sebesar 4,3%. Bisa dikatakan kalau ini merupakan pencapaian yang sangat baik bagi benua Afrika.
Apa yang telah terbukti selama lima tahun terakhir ini adalah bahwa singa ekonomi Afrika perlu meningkatkan kembali kebugaran mereka untuk bisa memanfaatkan potensi yang mereka miliki sebaik mungkin dan melanjutkan perjalanan mereka untuk menuju kemakmuran.
Jika anda mengikuti bagaimana pekembangan perekonomian di benua Afrika ini, anda pastinya akan menyadari bahwa sudah banyak sekali perubahan yang terjadi di sana. Anda bisa melihat bagaimana kerasnya usaha mereka untuk bangkit dari kemiskinan menuju kehidupan yang lebih baik.
Dan hasilnya, usaha mereka tidaklah sia-sia. Dari tahun ke tahun, pertumbuhan perekonomian di sbenua ini terus meningkat. Meskipun di beberapa wilayah tertentu pertumbuhannya masih sangat lambat, namun jika mereka bisa mempertahankan atau bahkan lebih berusaha lagi memperbaiki diri, mungkin sangat mungkin jika dikedepannya nanti Afrika tidak lagi menyandang sebutan sebagai negara termiskin di dunia.
Bahkan melihat begitu signifikannya pertumbuhan tersebut, IMF bahkan sampai memperkirakan bahwasannya benua Afrika akan menjadi kawasan dengan pertumbuhan tercepat kedua di dunia. Keren kan guys?
Seperti yang telah dibahas tadi di atas, ada beberapa hal yang perlu dilakukan ataupun diperbaiki oleh Afrika untuk bisa mewujudkan impiannya untuk menjadi wilayah yang jauh dari kata kemiskinan, serta bisa menyejahterakan seluruh masyarakatnya.
Salah satunya adalah dengan cara memperbaiki dan meningkatkan beberapa bidang tertentu yang memang memerlukan penangan yang serius. Jika semua bidang tersebut sudah berhasil ditangani, niscaya dikedepannya Afrika bisa menjadi negara yang maju dikedepannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PEREKONOMIAN MEMBAIK , AFRIKA AKAN MENJADI NEGARA DENGAN PERTUMBUHAN TERCEPAT DI DUNIA"

Post a Comment

Komen yang sopan ya...